Cara Penerapan dan Manfaat dari Fungsi Sprintf() di R

fungsi sprintf di R

Halo teman-teman. Kali ini saya akan berbagi sedikit mengenai sebuah fungsi di R yang ke depan akan bermanfaat. Pada bahasan kali ini, kita akan mengulas tentang bagaimana menggabungkan numerik dan tipe data string atau karakter di R.

Salah satu fungsi di R yang bisa digunakan dalam menggabungkan data bertipe numerik dan string adalah fungsi sprintf(). Fungsi ini bisa kita manfaatkan bila kita ingin mencetak sebuah data string misalkan kalimat yang secara otomatis tersisipi oleh data bertipe numerik.

Misalkan dari hasil sebuah hitungan, kita dapatkan bahwa kecepatan laju sebauh mobil adalah 40 km per jam. Kemudian kita gabungkan dengan kalimat: mobil itu cukup lambat dengan melaju 40 km per jam. Dalam kasus seperti inilah di praktik berikut ini kita akan terapkan dengan menggunakan fungsi sprintf() yang ada di dalam R. Untuk lebih tergambar apa yang dimaksud penggabungan itu dan bagaimana cara penggunaan fungsi sprintf(), mari kita ikuti bersama beberapa code di berikut:

Code:

#Penggunaan sprintf
#Menggabungkan Hasil Hitungan ke dalam sebuah teks atau string

#Mendeklarasikan sebuah nilai atau hasil hitungan
x <- 5.4431

#Menyatukan hasil hitungan atau nilai dengan sebuah kalimat teks atau string
sprintf("Kecepatan berlari saya sekitar %.1f kilo per jam", x)

Hasil:

[1] "Kecepatan berlari saya sekitar 5.4 kilo per jam"

Code:

#Deklarasi 2 nilai
x1 <- 5.4431
x2 <- 10.778342

#Menyatukan dengan teks atau string
sprintf("Saya mengemudi dengan sejauh %.1f kilometer dan kemudian saya berlari %.2f kilometer", x1, x2)

Hasil:

[1] "Saya mengemudi dengan sejauh 5.4 kilometer dan kemudian saya berlari 10.78 kilometer"

Baik, demikianlah cara bagaimana kita menerapkan manfaat dari fungsi sprintf() di dalam R. Jangan lupa untuk share artikel ini dan terus simak dan ikuti unggahan artikel berikutnya. Selamat mempraktikkan!

Add Comments


EmoticonEmoticon