Import Data Hasil Unduh (Donwload) Secara Online ke dalam R

Import Data hasil unduh online
 

Semoga teman-teman masih menyimak terus blog ini. Kali ini saya akan berbagi sedikit bagaimana cara melakukan import data yang kita dapatkan dari unduh secara daring (online download) pada tautan tertentu. Mengingat kita akan mempersiapkan datanya dari hasil unduh daring, maka dalam unggahan ini, kita tidak perlu mengunduhnya dari tempat data-data. Kita akan praktik bagaimana mengunduh data yang terdapat di dalam tautan atau URL ini.

Sebenarnya, kita bisa saja mengunduhnya langsung dan masuk penyimpanan komputer kita, tetapi beberapa orang berpikir bahwa hal itu masih kurang praktis. Oleh karena itulah kebutuhan mengimport data secara otomatis dari hasil unduh daring ini banyak penggemarnya.

Untuk melakukan import data, kita dapat menggunakan beberapa code berikut ke dalam R, baik bagian R script maupun di bagian Console-nya untuk kita running. Tak lupa, sebelumnya, kita install dulu dan aktifkan package RCurl.

#Menginstall dan mengaktifkan package RCurl
install.packages("RCurl")
library(RCurl)

#Mendeklarasikan URL data yang akan diunduh
x <- getURL("https://d396qusza40orc.cloudfront.net/getdata%2Fdata%2Fss06hid.csv")

#fungsi getURL berada di dalam package RCurl, jangan lupa menyertakan ekstensi file sesuai formatnya

#Dalam kasus ini filenya adalah CSV

#Menampilkan hasil unduh data online
output <- read.csv(textConnection(x))

#Melihat Struktur data 

str(output)

#Melihat Dimensi Data, Jumlah Kolom dan Barisnya
dim(output)

Oke, demikian sedikit ulasan bagaimana kita melakukan import data dari unduh daring ke dalam R. Jangan lupa untuk share, tanya-tanya di kolom komentar, dan menyimak unggahan berikutnya. Semoga bermanfaat.

Add Comments


EmoticonEmoticon