Import Data SPSS (sav) ke dalam R

 

Import Data SPSS ke R

Mengimport data hasil olah SPSS ke dalam R? Iya, jadi pada unggahan kali ini, saya akan berbagi bagaimana cara mengimport data berekstensi *sav ke dalam R. Kebutuhan mengimport data SPSS ini berawal dari kelebihan dan kelemahan antara SPSS dan R sendiri sehingga mendorong kita untuk mengalihkan hasil olah data dari SPSS ke dalam R.

Pada praktiknya, mengimport data SPSS ke dalam mirip kalau kita mengimport data csv dan excel. Di awal, kita harus menginstal dan mengaktifkan package yang mendukung terlebih dahulu. Package yang dapat kita manfaatkan dalam mengimport data SPSS ke dalam R, yaitu package haven. Sebelum praktik, kita unduh terlebih dahulu salah satu data berekstensi SAV atau hasil olah SPSS pada tautan berikut.

Setelah datanya siap dan kita telah menginstal package haven, kita dapat melakukan import data SPSS dengan code sebagai berikut:

#Install dan mengaktifkan package
install.packages("haven") #bagi teman-teman yang belum menginstall package haven bisa install dulu
library(haven) #ini untuk mengaktifkan package haven-nya

#Import Data Excel
dataku <- read_sav("C:/Users/Joko Ade/Downloads/hlthedl2014.sav", header = TRUE, stringAsFactors = F)
#Header = TRUE maksudnya adalah menampilkan nama-nama kolom di dalam data teman-teman 
#Pada direktori komputer biasanya muncul C:\Users\Joko Ade\Downloads , ini tanda "\" dibalik menjadi "/" dan setelah Downloads diberi garing miring lagi diikuti nama file data excel yang akan diimport sehingga menjadi C:/Users/Joko Ade/Downloads/hlthedl2014.sav
#Jangan lupa diberi akhiran (.sav) sesuai ekstensi data yang mau kita import dalam R

#Melihat sekilas data
head(dataku)

#Melihat struktur data
str(dataku) #fungsi str digunakan untuk melihat struktur dalam data, apakah numeric, factor, karakter, atau lainnya

Oke, demikian sedikit ulasan bagaimana kita melakukan import data SPSS ke dalam R. Jangan lupa untuk share, tanya-tanya di kolom komentar, dan menyimak unggahan berikutnya. Semoga bermanfaat.

Add Comments


EmoticonEmoticon