Natural Language Processing (NLP): Stemming Kata dengan R (Step by Step)

 

Natural Language Processing (NLP) dengan R

Halo teman-teman, bertemu kembali dengan blog sederhana ini. Kemarin kita telah membahas dan mempratikkan bersama bagaimana membuat pivot table dengan Python dan NLP membersihkan teks dengan R, kali ini kita akan kembali membahas mengenai Natural Language Processing (NLP) dengan R.

Pada bahasan NLP kemarin, kita sampai pada praktik membersihkan teks dari unsur-unsur yang tidak diperlukan untuk analisis data teks (Text Mining). Sekarang saatnya kita meneruskan NLP itu lebih lanjut, yaitu bagaimana menerapkan stemming sebuah teks atau sekumpulan teks menggunakan R.

Dalam melakukan analisis sekumpulan teks, imbuhan sebuah kata memang berarti, namun, dalam rangka menyederhanakan proses analisis sehingga lebih berkualitas, kita juga perlu melakukan ekstraksi sekumpulan kata dalam sebuah teks menjadi himpunan kata-kata dasar atau kata tanpa imbuhan apapun. Mengapa kita perlu mengekstrak kata dasar dari sekumpulan kata berimbuhan ini? Jelas, karena untuk meningkatkan kualitas atau akurasi analisis serta untuk mengurangi kapasitas penyimpanan kata-kata dalam sistem memori Artificial Intelligence (AI). Tidak cukup itu saja, stemming yang menjadi bagian dari pre-processing dalam NLP juga bisa kita manfaatkan untuk memperluas makna atau arti dari sebuah kata dasar ketika ditambahkan dengan imbuhan yang berbeda. Sebab, beda imbuhan tentu secara konteks akan membuat makna sebuah kata akan berbeda, terlebih jika berada di dalam sebuah kalimat, khususnya bahasa Indonesia.

Coba kita perhatikan perbedaan makna kalimat berikut:

"Kelinci itu memakan rumput" (kalimat 1)

"Kelinci itu dimakan rumput" (kalimat 2)

Dari dua kalimat itu saja, jelas, perbedaan imbuhan memengaruhi makna dari sebuah kalimat. Untuk menghilangkan adanya pengaruh perubahan makna akibat perbedaan imbuhan itulah, dalam Natural Language Processing (NLP) perlu proses stemming.

Stemming teks yang belakangan beredar luas kebanyakan stemming untuk bahasa internasional, misalkan bahasa Inggris. Sedangkan untuk bahasa Indonesia sendiri, saya amati masih baru dikembangkan, salah satunya oleh Pak Nurandi. Beliau mengembangkan sebuah package yang sepertinya masih saya manfaatkan saat ini, yaitu package katadasaR. Dengan package ini, sebuah kata berbahasa Indonesia yang berimbuhan dapat diperoleh rootnya atau kata dasarnya sehingga sangat bermanfaat dalam NLP, terutama bila arahnya menganalisis sentimen teks Bahasa Indonesia. Untuk melakukan instalasi package yang dikembangkan oleh Pak Nurandi ini bisa menggunakan remotes instalasi dari github langsung (nurandi/katadasaR). Kemudian untuk mengaktifkannya, seperti biasanya kita tinggal memanggil library dari package katadasaR yang telah terinstal.

Kita berlanjut pada bagaimana melakukan praktik pre processing NLP stemming dengan R. Data yang akan coba kita stemming adalah data tweets mengenari respon masyarakat maya (netizen) Twitter terkait kebijakan pemerintah menaikkan harga atau tarif dasar listrik baru-baru ini. Data tweets tersebut telah saya siapkan untuk dapat digunakan teman-teman yang berminat mencobanya. Data tersebut bisa diunduh terlebih dahulu pada tautan berikut. Setelah datanya diunduh, kita langsung saja mempraktikkan proses stemming kata menggunakan package katadasaR dengan beberapa code berikut:

#Membuat sebuah kalimat
kalimat <- c("Ada salah satu pemenang merekomendasikan kebijakan untuk industrialisasi guna memenuhi kebutuhan lokal, dan juga untuk bermain di pasar global melalui ekspor serta bagaimana supaya ada kemudahan bagi industri untuk memproduksi dengan biaya murah sehingga punya daya saing")
kalimat
## [1] "Ada salah satu pemenang merekomendasikan kebijakan untuk industrialisasi guna memenuhi kebutuhan lokal, dan juga untuk bermain di pasar global melalui ekspor serta bagaimana supaya ada kemudahan bagi industri untuk memproduksi dengan biaya murah sehingga punya daya saing"
#Stemming Bahasa Indonesia
library(katadasaR)
stemming <- function(x){
  paste(lapply(x,katadasar),collapse = " ")
}
#Melakukan stemming kata dari kata berimbuhan menjadi kata dasar
library(tokenizers)
stemkalimat <- lapply(tokenize_words(kalimat), stemming)
#Melihat hasil stemming kalimat dengan 
stemkal <- unlist(stemkalimat)
stemkal
## [1] "ada salah satu menang rekomendasi bijak untuk industrialisasi guna penuh butuh lokal dan juga untuk main di pasar global lalu ekspor serta bagaimana supaya ada mudah bagi industri untuk produksi dengan biaya murah sehingga punya daya saing"
#Import Data
dfku <- bahanstemstop
dfku
## # A tibble: 29 x 1
##    Teks                                                                                                              
##    <chr>                                                                                                             
##  1 guriiih tarif listrik naik terus maszeh                                                                           
##  2 data tidak sesuai kondisi untuk buzeer nkri rakyat mana ngerti dikasih data kayak gini yg rakyat paham migor lang~
##  3 wacana maksimal k dikarenanakan biaya listrik naik                                                                
##  4 cieribut soal act ternyata tarif listrik naik nih                                                                 
##  5 yg kangen ibhrs silahkan tonton video inigw yakin kalian pasti senang nyanyiannya ini adlh fakta tak terbantahkan~
##  6 cnnindonesia ganti kendaraan listrik ntar listrik naik kan bangke omonganmu moeldokowajibbubarkanmk jokowiperusak~
##  7 luar biasa saat bbm dan migor semakin sulit cabe naik pajak naik gas naik listrik naik angka pengangguran baik tp~
##  8 lumbalaut data peler nyatanya sembako pada naik listrik naik bbm naik jancuk kon                                  
##  9 tarif listrik naik terus tapi beberapa hari ini mati listrik dan listriknya suka naik turun gitu ini apalagi mati~
## 10 pasokan listrik naik khofifah cek pembangunan sktt kv di jembatan suramadu                                        
## # ... with 19 more rows
#Mengubah Tipe list
tweetschar <- unlist(as.character(dfku$Teks))
tweetschar
##  [1] "guriiih tarif listrik naik terus maszeh"                                                                                                                                                                                                                                                      
##  [2] "data tidak sesuai kondisi untuk buzeer nkri rakyat mana ngerti dikasih data kayak gini yg rakyat paham migor langka cabe mahal bbm naik lpg naik ppn naik pulsa naik listrik naik korupsi jalan terus kerjaan susah dan terus mikir besok makan pakai apa ngibul smiling face with sunglasses"
##  [3] "wacana maksimal k dikarenanakan biaya listrik naik"                                                                                                                                                                                                                                           
##  [4] "cieribut soal act ternyata tarif listrik naik nih"                                                                                                                                                                                                                                            
##  [5] "yg kangen ibhrs silahkan tonton video inigw yakin kalian pasti senang nyanyiannya ini adlh fakta tak terbantahkan saat ini backhand index pointing down bbm naik pajak naik listrik naik cabe naik semuanya naik rakyat semakin sengsara panjang umur dan sehat slalu guru"                   
##  [6] "cnnindonesia ganti kendaraan listrik ntar listrik naik kan bangke omonganmu moeldokowajibbubarkanmk jokowiperusakbangsa rezimsusahinrakyat"                                                                                                                                                   
##  [7] "luar biasa saat bbm dan migor semakin sulit cabe naik pajak naik gas naik listrik naik angka pengangguran baik tp kepuasan kok naik terus lama kok jadi khawatir tidak cukup barangkali tidak usah dibatasi jadi bisa misalnya sekalian saja puas"                                            
##  [8] "lumbalaut data peler nyatanya sembako pada naik listrik naik bbm naik jancuk kon"                                                                                                                                                                                                             
##  [9] "tarif listrik naik terus tapi beberapa hari ini mati listrik dan listriknya suka naik turun gitu ini apalagi mati listrik malemmalem"                                                                                                                                                         
## [10] "pasokan listrik naik khofifah cek pembangunan sktt kv di jembatan suramadu"                                                                                                                                                                                                                   
## [11] "orang pada bahas brigadir j brimob jendraltahu bbm naik tarif listrik naik male sign misteribakutembak"                                                                                                                                                                                       
## [12] "yaelah pak rakyat mana ngerti dikasih data kayak gini yg rakyat paham migor langka cabe mahal bbm naik lpg naik ppn naik pulsa naik listrik naik korupsi jalan terus kerjaan susah dan terus mikir besok makan pakai apa"                                                                     
## [13] "pancasilasaja cebong pura bahagia pdhal cabe mahal tarif listrik naik minyak goreng mahal hutang rb triliun nah coba lihat foto ini ada orang yaman gak dasar goblong"                                                                                                                        
## [14] "cermin naik harga katanya listrik yg naik yg va ke atas daya listrik di rumahnya va ehribut sejagat pemerintah biadab listrik naik grinning face with sweat grinning face with sweat grinning face with sweat"                                                                                
## [15] "gara duit gak ada buat bangun ikn terpaksa rezim malakin rakyatnya listrik naik minyak naik gajinya naik maksakan pake aplikasi yang paling hot rampok uang act secara halus tolakrkuhptolakperiode tolakrkuhptolakperiode"                                                                   
## [16] "pake kompor listrik o tenang saja bentar lagi listrik naik juga kok"                                                                                                                                                                                                                          
## [17] "cnnindonesia listrik naik om terus beli kuda gitu"                                                                                                                                                                                                                                            
## [18] "cnnindonesia listrik naik juga rakyat mau beli mobil listrik yg mana yg solar cell ya saat sulit ini ia pejabat yg tak sesuai hati nurani rakyat lalu kemana hanura apakah ia sdh berubah"                                                                                                    
## [19] "moeldoko bilang beli mobil listrik apakah ada sesuatu dr bbm pertamina yg ditakutinya listrik naik juga apakah ada juga yg dia takuti dg listrik mobil rakyat ada yg senang dan banyak yg susah"                                                                                              
## [20] "tvonenews rakyat yg mana bbm dan listrik naik"                                                                                                                                                                                                                                                
## [21] "enak bener rezim mukidi dibantu rakyat giliran rakyatnya menderita kesusahan bukannya dibantu justru sebaliknya rakyat semakin ditindas lewat kebijakan yang tidak pro kepada rakyat seperti bbm naik gas epiji naik sembako mahal migor mahal pajak naik listrik naik"                       
## [22] "badikpejuang iya iya iya anda benar white heavy check mark kemudahan dalam hal harga sembako naik bbm naik gas lpg naik listrik naik pajak naik rakyat beli bbm dijatah memakai psrsyaratan embel selama bulan rakyat dibuat menderita tersiksa kadena migor langkah mahal"                   
## [23] "new post tarif listrik naik begini prosedur menurunkan daya listrik has been published on"                                                                                                                                                                                                    
## [24] "lah elu ngentot harga bapok pda naik bbm listrik naik ump kaga naik itu anak org elu yg mau ksih makan makin tua makin tolol"                                                                                                                                                                 
## [25] "ya elah kalau fakta lebih lagi wkwk penjilat akut fakta tuh bbm naik listrik naik sembako naik mau jilat mana lagi penjilat akut rezim wakanda lol"                                                                                                                                           
## [26] "gamalmarpaung samsularifin bbm naik listrik naik komoditas naik utang bejibun masih percaya debttrap rrc makin mencekam hutang udah t belum digabung hutang bumn percaya kalau sda digadaikan sehingga tidak ada sisa untuk cucu kita ngeri kali lah negeri wakanda"                          
## [27] "bbm lpg listrik naik subsidi di cabut semua harga harga bahan pokok membumbung tinggi naik di perparah lagi stock barang langka ilang dari pasaran bahan pangan kebutuhan pokok semua impor"                                                                                                  
## [28] "kini pdip petugas partai bbm lpg listrik naik subsidi dicabut harga pangan semua naik inflasi melesat dr perkiraan lbh tinggi inflasi pangan lbh tinggi lg rupiah terkoreksi dolarsuku bunga bi blm lg diturunkan rupiah nyungsep dolar"                                                      
## [29] "kini pdip petugas partai bbm lpg listrik naik subsidi di cabut harga harga pangan semua naik semua kebutuhan pangan impor utang luar negeri ri mengkhawatirkan hampir mencapai lebih t utang bumn"
#Melakukan stemming kata dari kata berimbuhan menjadi kata dasar
library(tokenizers)
hasilstem <- lapply(tokenize_words(tweetschar), stemming)
hasilstem
## [[1]]
## [1] "guriiih tarif listrik naik terus maszeh"
## 
## [[2]]
## [1] "data tidak suai kondisi untuk buzeer nkri rakyat mana ngerti kasih data kayak gin yg rakyat paham migor langka cabe mahal bbm naik lpg naik ppn naik pulsa naik listrik naik korupsi jalan terus kerja susah dan terus mikir besok makan pakai apa ngibul smiling face with sunglasses"
## 
## [[3]]
## [1] "wacana maksimal k dikarenanakan biaya listrik naik"
## 
## [[4]]
## [1] "cieribut soal act nyata tarif listrik naik nih"
## 
## [[5]]
## [1] "yg kangen ibhrs silah tonton video inigw yakin kalian pasti senang nyanyi ini adlh fakta tak bantah saat ini backhand index pointing down bbm naik pajak naik listrik naik cabe naik semua naik rakyat makin sengsara panjang umur dan sehat slalu guru"
## 
## [[6]]
## [1] "cnnindonesia ganti kendara listrik ntar listrik naik kan bangke omong moeldokowajibbubarkanmk jokowiperusakbangsa rezimsusahinrakyat"
## 
## [[7]]
## [1] "luar biasa saat bbm dan migor makin sulit cabe naik pajak naik gas naik listrik naik angka anggur baik tp puas kok naik terus lama kok jadi khawatir tidak cukup barangkali tidak usah batas jadi bisa misal kalian saja puas"
## 
## [[8]]
## [1] "lumbalaut data peler nyata sembako pada naik listrik naik bbm naik jancuk kon"
## 
## [[9]]
## [1] "tarif listrik naik terus tapi beberapa hari ini mati listrik dan listrik suka naik turun gitu ini apalagi mati listrik malemmalem"
## 
## [[10]]
## [1] "pasok listrik naik khofifah cek bangun sktt kv di jembatan suramadu"
## 
## [[11]]
## [1] "orang pada bahas brigadir j brimob jendraltahu bbm naik tarif listrik naik male sign misteribakutembak"
## 
## [[12]]
## [1] "yaelah pak rakyat mana ngerti kasih data kayak gin yg rakyat paham migor langka cabe mahal bbm naik lpg naik ppn naik pulsa naik listrik naik korupsi jalan terus kerja susah dan terus mikir besok makan pakai apa"
## 
## [[13]]
## [1] "pancasilasaja cebong pura bahagia pdhal cabe mahal tarif listrik naik minyak goreng mahal hutang rb triliun nah coba lihat foto ini ada orang yaman gak dasar goblong"
## 
## [[14]]
## [1] "cermin naik harga kata listrik yg naik yg va ke atas daya listrik di rumah va ehribut jagat pemerintah biadab listrik naik grinning face with sweat grinning face with sweat grinning face with sweat"
## 
## [[15]]
## [1] "gara duit gak ada buat bangun ikn paksa rezim malakin rakyat listrik naik minyak naik gaji naik maksakan pake aplikasi yang paling hot rampok uang act cara halus tolakrkuhptolakperiode tolakrkuhptolakperiode"
## 
## [[16]]
## [1] "pake kompor listrik o tenang saja bentar lagi listrik naik juga kok"
## 
## [[17]]
## [1] "cnnindonesia listrik naik om terus beli kuda gitu"
## 
## [[18]]
## [1] "cnnindonesia listrik naik juga rakyat mau beli mobil listrik yg mana yg solar cell ya saat sulit ini ia jabat yg tak suai hati nurani rakyat lalu mana hanura apakah ia sdh ubah"
## 
## [[19]]
## [1] "moeldoko bilang beli mobil listrik apakah ada suatu dr bbm pertamina yg takut listrik naik juga apakah ada juga yg dia takut dg listrik mobil rakyat ada yg senang dan banyak yg susah"
## 
## [[20]]
## [1] "tvonenews rakyat yg mana bbm dan listrik naik"
## 
## [[21]]
## [1] "enak bener rezim mukidi bantu rakyat gilir rakyat derita susah bukan bantu justru balik rakyat makin tindas lewat bijak yang tidak pro kepada rakyat seperti bbm naik gas epiji naik sembako mahal migor mahal pajak naik listrik naik"
## 
## [[22]]
## [1] "badikpejuang iya iya iya anda benar white heavy check mark mudah dalam hal harga sembako naik bbm naik gas lpg naik listrik naik pajak naik rakyat beli bbm dijatah maka psrsyaratan embel lama bulan rakyat buat derita siksa kadena migor langkah mahal"
## 
## [[23]]
## [1] "new post tarif listrik naik begini prosedur turun daya listrik has been published on"
## 
## [[24]]
## [1] "lah elu ngentot harga bapok pda naik bbm listrik naik ump kaga naik itu anak org elu yg mau ksih makan makin tua makin tolol"
## 
## [[25]]
## [1] "ya e kalau fakta lebih lagi wkwk jilat akut fakta tuh bbm naik listrik naik sembako naik mau jilat mana lagi jilat akut rezim wakanda lol"
## 
## [[26]]
## [1] "gamalmarpaung samsularifin bbm naik listrik naik komoditas naik utang bejibun masih percaya debttrap rrc makin cekam hutang udah t belum gabung hutang bumn percaya kalau sda gada sehingga tidak ada sisa untuk cucu kita ngeri kali lah neger wakanda"
## 
## [[27]]
## [1] "bbm lpg listrik naik subsidi di cabut semua harga harga bahan pokok bumbung tinggi naik di parah lagi stock barang langka ilang dari pasar bahan pangan butuh pokok semua impor"
## 
## [[28]]
## [1] "kini pdip tugas partai bbm lpg listrik naik subsidi cabut harga pangan semua naik inflasi melesat dr kira lbh tinggi inflasi pangan lbh tinggi lg rupiah koreksi dolarsuku bunga bi blm lg turun rupiah nyungsep dolar"
## 
## [[29]]
## [1] "kini pdip tugas partai bbm lpg listrik naik subsidi di cabut harga harga pangan semua naik semua butuh pangan impor utang luar neger r khawatir hampir capai lebih t utang bumn"
#Memecah kalimat menjadi per kata dalam bentuk list
library(dplyr)
tweets_token <- tokenize_words(hasilstem) %>%
  unlist()
#Kalimat Sebelum Stemming
dfku$Teks
##  [1] "guriiih tarif listrik naik terus maszeh"                                                                                                                                                                                                                                                      
##  [2] "data tidak sesuai kondisi untuk buzeer nkri rakyat mana ngerti dikasih data kayak gini yg rakyat paham migor langka cabe mahal bbm naik lpg naik ppn naik pulsa naik listrik naik korupsi jalan terus kerjaan susah dan terus mikir besok makan pakai apa ngibul smiling face with sunglasses"
##  [3] "wacana maksimal k dikarenanakan biaya listrik naik"                                                                                                                                                                                                                                           
##  [4] "cieribut soal act ternyata tarif listrik naik nih"                                                                                                                                                                                                                                            
##  [5] "yg kangen ibhrs silahkan tonton video inigw yakin kalian pasti senang nyanyiannya ini adlh fakta tak terbantahkan saat ini backhand index pointing down bbm naik pajak naik listrik naik cabe naik semuanya naik rakyat semakin sengsara panjang umur dan sehat slalu guru"                   
##  [6] "cnnindonesia ganti kendaraan listrik ntar listrik naik kan bangke omonganmu moeldokowajibbubarkanmk jokowiperusakbangsa rezimsusahinrakyat"                                                                                                                                                   
##  [7] "luar biasa saat bbm dan migor semakin sulit cabe naik pajak naik gas naik listrik naik angka pengangguran baik tp kepuasan kok naik terus lama kok jadi khawatir tidak cukup barangkali tidak usah dibatasi jadi bisa misalnya sekalian saja puas"                                            
##  [8] "lumbalaut data peler nyatanya sembako pada naik listrik naik bbm naik jancuk kon"                                                                                                                                                                                                             
##  [9] "tarif listrik naik terus tapi beberapa hari ini mati listrik dan listriknya suka naik turun gitu ini apalagi mati listrik malemmalem"                                                                                                                                                         
## [10] "pasokan listrik naik khofifah cek pembangunan sktt kv di jembatan suramadu"                                                                                                                                                                                                                   
## [11] "orang pada bahas brigadir j brimob jendraltahu bbm naik tarif listrik naik male sign misteribakutembak"                                                                                                                                                                                       
## [12] "yaelah pak rakyat mana ngerti dikasih data kayak gini yg rakyat paham migor langka cabe mahal bbm naik lpg naik ppn naik pulsa naik listrik naik korupsi jalan terus kerjaan susah dan terus mikir besok makan pakai apa"                                                                     
## [13] "pancasilasaja cebong pura bahagia pdhal cabe mahal tarif listrik naik minyak goreng mahal hutang rb triliun nah coba lihat foto ini ada orang yaman gak dasar goblong"                                                                                                                        
## [14] "cermin naik harga katanya listrik yg naik yg va ke atas daya listrik di rumahnya va ehribut sejagat pemerintah biadab listrik naik grinning face with sweat grinning face with sweat grinning face with sweat"                                                                                
## [15] "gara duit gak ada buat bangun ikn terpaksa rezim malakin rakyatnya listrik naik minyak naik gajinya naik maksakan pake aplikasi yang paling hot rampok uang act secara halus tolakrkuhptolakperiode tolakrkuhptolakperiode"                                                                   
## [16] "pake kompor listrik o tenang saja bentar lagi listrik naik juga kok"                                                                                                                                                                                                                          
## [17] "cnnindonesia listrik naik om terus beli kuda gitu"                                                                                                                                                                                                                                            
## [18] "cnnindonesia listrik naik juga rakyat mau beli mobil listrik yg mana yg solar cell ya saat sulit ini ia pejabat yg tak sesuai hati nurani rakyat lalu kemana hanura apakah ia sdh berubah"                                                                                                    
## [19] "moeldoko bilang beli mobil listrik apakah ada sesuatu dr bbm pertamina yg ditakutinya listrik naik juga apakah ada juga yg dia takuti dg listrik mobil rakyat ada yg senang dan banyak yg susah"                                                                                              
## [20] "tvonenews rakyat yg mana bbm dan listrik naik"                                                                                                                                                                                                                                                
## [21] "enak bener rezim mukidi dibantu rakyat giliran rakyatnya menderita kesusahan bukannya dibantu justru sebaliknya rakyat semakin ditindas lewat kebijakan yang tidak pro kepada rakyat seperti bbm naik gas epiji naik sembako mahal migor mahal pajak naik listrik naik"                       
## [22] "badikpejuang iya iya iya anda benar white heavy check mark kemudahan dalam hal harga sembako naik bbm naik gas lpg naik listrik naik pajak naik rakyat beli bbm dijatah memakai psrsyaratan embel selama bulan rakyat dibuat menderita tersiksa kadena migor langkah mahal"                   
## [23] "new post tarif listrik naik begini prosedur menurunkan daya listrik has been published on"                                                                                                                                                                                                    
## [24] "lah elu ngentot harga bapok pda naik bbm listrik naik ump kaga naik itu anak org elu yg mau ksih makan makin tua makin tolol"                                                                                                                                                                 
## [25] "ya elah kalau fakta lebih lagi wkwk penjilat akut fakta tuh bbm naik listrik naik sembako naik mau jilat mana lagi penjilat akut rezim wakanda lol"                                                                                                                                           
## [26] "gamalmarpaung samsularifin bbm naik listrik naik komoditas naik utang bejibun masih percaya debttrap rrc makin mencekam hutang udah t belum digabung hutang bumn percaya kalau sda digadaikan sehingga tidak ada sisa untuk cucu kita ngeri kali lah negeri wakanda"                          
## [27] "bbm lpg listrik naik subsidi di cabut semua harga harga bahan pokok membumbung tinggi naik di perparah lagi stock barang langka ilang dari pasaran bahan pangan kebutuhan pokok semua impor"                                                                                                  
## [28] "kini pdip petugas partai bbm lpg listrik naik subsidi dicabut harga pangan semua naik inflasi melesat dr perkiraan lbh tinggi inflasi pangan lbh tinggi lg rupiah terkoreksi dolarsuku bunga bi blm lg diturunkan rupiah nyungsep dolar"                                                      
## [29] "kini pdip petugas partai bbm lpg listrik naik subsidi di cabut harga harga pangan semua naik semua kebutuhan pangan impor utang luar negeri ri mengkhawatirkan hampir mencapai lebih t utang bumn"
#Kalimat Setelah Stemming
unlist(hasilstem)
##  [1] "guriiih tarif listrik naik terus maszeh"                                                                                                                                                                                                                                               
##  [2] "data tidak suai kondisi untuk buzeer nkri rakyat mana ngerti kasih data kayak gin yg rakyat paham migor langka cabe mahal bbm naik lpg naik ppn naik pulsa naik listrik naik korupsi jalan terus kerja susah dan terus mikir besok makan pakai apa ngibul smiling face with sunglasses"
##  [3] "wacana maksimal k dikarenanakan biaya listrik naik"                                                                                                                                                                                                                                    
##  [4] "cieribut soal act nyata tarif listrik naik nih"                                                                                                                                                                                                                                        
##  [5] "yg kangen ibhrs silah tonton video inigw yakin kalian pasti senang nyanyi ini adlh fakta tak bantah saat ini backhand index pointing down bbm naik pajak naik listrik naik cabe naik semua naik rakyat makin sengsara panjang umur dan sehat slalu guru"                               
##  [6] "cnnindonesia ganti kendara listrik ntar listrik naik kan bangke omong moeldokowajibbubarkanmk jokowiperusakbangsa rezimsusahinrakyat"                                                                                                                                                  
##  [7] "luar biasa saat bbm dan migor makin sulit cabe naik pajak naik gas naik listrik naik angka anggur baik tp puas kok naik terus lama kok jadi khawatir tidak cukup barangkali tidak usah batas jadi bisa misal kalian saja puas"                                                         
##  [8] "lumbalaut data peler nyata sembako pada naik listrik naik bbm naik jancuk kon"                                                                                                                                                                                                         
##  [9] "tarif listrik naik terus tapi beberapa hari ini mati listrik dan listrik suka naik turun gitu ini apalagi mati listrik malemmalem"                                                                                                                                                     
## [10] "pasok listrik naik khofifah cek bangun sktt kv di jembatan suramadu"                                                                                                                                                                                                                   
## [11] "orang pada bahas brigadir j brimob jendraltahu bbm naik tarif listrik naik male sign misteribakutembak"                                                                                                                                                                                
## [12] "yaelah pak rakyat mana ngerti kasih data kayak gin yg rakyat paham migor langka cabe mahal bbm naik lpg naik ppn naik pulsa naik listrik naik korupsi jalan terus kerja susah dan terus mikir besok makan pakai apa"                                                                   
## [13] "pancasilasaja cebong pura bahagia pdhal cabe mahal tarif listrik naik minyak goreng mahal hutang rb triliun nah coba lihat foto ini ada orang yaman gak dasar goblong"                                                                                                                 
## [14] "cermin naik harga kata listrik yg naik yg va ke atas daya listrik di rumah va ehribut jagat pemerintah biadab listrik naik grinning face with sweat grinning face with sweat grinning face with sweat"                                                                                 
## [15] "gara duit gak ada buat bangun ikn paksa rezim malakin rakyat listrik naik minyak naik gaji naik maksakan pake aplikasi yang paling hot rampok uang act cara halus tolakrkuhptolakperiode tolakrkuhptolakperiode"                                                                       
## [16] "pake kompor listrik o tenang saja bentar lagi listrik naik juga kok"                                                                                                                                                                                                                   
## [17] "cnnindonesia listrik naik om terus beli kuda gitu"                                                                                                                                                                                                                                     
## [18] "cnnindonesia listrik naik juga rakyat mau beli mobil listrik yg mana yg solar cell ya saat sulit ini ia jabat yg tak suai hati nurani rakyat lalu mana hanura apakah ia sdh ubah"                                                                                                      
## [19] "moeldoko bilang beli mobil listrik apakah ada suatu dr bbm pertamina yg takut listrik naik juga apakah ada juga yg dia takut dg listrik mobil rakyat ada yg senang dan banyak yg susah"                                                                                                
## [20] "tvonenews rakyat yg mana bbm dan listrik naik"                                                                                                                                                                                                                                         
## [21] "enak bener rezim mukidi bantu rakyat gilir rakyat derita susah bukan bantu justru balik rakyat makin tindas lewat bijak yang tidak pro kepada rakyat seperti bbm naik gas epiji naik sembako mahal migor mahal pajak naik listrik naik"                                                
## [22] "badikpejuang iya iya iya anda benar white heavy check mark mudah dalam hal harga sembako naik bbm naik gas lpg naik listrik naik pajak naik rakyat beli bbm dijatah maka psrsyaratan embel lama bulan rakyat buat derita siksa kadena migor langkah mahal"                             
## [23] "new post tarif listrik naik begini prosedur turun daya listrik has been published on"                                                                                                                                                                                                  
## [24] "lah elu ngentot harga bapok pda naik bbm listrik naik ump kaga naik itu anak org elu yg mau ksih makan makin tua makin tolol"                                                                                                                                                          
## [25] "ya e kalau fakta lebih lagi wkwk jilat akut fakta tuh bbm naik listrik naik sembako naik mau jilat mana lagi jilat akut rezim wakanda lol"                                                                                                                                             
## [26] "gamalmarpaung samsularifin bbm naik listrik naik komoditas naik utang bejibun masih percaya debttrap rrc makin cekam hutang udah t belum gabung hutang bumn percaya kalau sda gada sehingga tidak ada sisa untuk cucu kita ngeri kali lah neger wakanda"                               
## [27] "bbm lpg listrik naik subsidi di cabut semua harga harga bahan pokok bumbung tinggi naik di parah lagi stock barang langka ilang dari pasar bahan pangan butuh pokok semua impor"                                                                                                       
## [28] "kini pdip tugas partai bbm lpg listrik naik subsidi cabut harga pangan semua naik inflasi melesat dr kira lbh tinggi inflasi pangan lbh tinggi lg rupiah koreksi dolarsuku bunga bi blm lg turun rupiah nyungsep dolar"                                                                
## [29] "kini pdip tugas partai bbm lpg listrik naik subsidi di cabut harga harga pangan semua naik semua butuh pangan impor utang luar neger r khawatir hampir capai lebih t utang bumn"

Dari hasil stemming teks di atas, package katadasaR ini cukup baik untuk kita gunakan, kendati sebagai package yang terus dikembangkan, tentu tidak sepenuhnya memiliki hasil yang sempurna. Terlihat, kelemahan stemming package katadasaR ini ketika melakukan stem kata berimbuhan yang berlebihan, misalkan kata "guriiih", atau kata berimbuhan di mana kata dasarnya sendiri salah ketik, misalkan "dikarenanakan". 

Demikian sedikit sharing kita mengenai Natural Language Processing (NLP) dengan fungsi stemming kalimat dengan R. Ikuti terus unggahan berikutnya yang lebih menarik lagi. Selamat memahami dan mempraktikkan!

Add Comments


EmoticonEmoticon