Preprocessing Data Tweet Twitter tentang Permainan Lato-Lato dengan Python

Preprocessing data tweet permainan lato-lato

Siapa yang belum kenal dengan permainan lato-lato? Ya, permainan tradisional yang telah lama dilupakan anak-anak ini kini kembali viral dengan sejumlah pro dan kontranya. Dua bola plastik padat yang dihubungkan oleh sebuah tali dan pengait di tengahnya ini kini banyak digemari oleh anak-anak. Tak hanya itu, permainan murah ini juga banyak dimainkan oleh orang dewasa karena dulunya pernah memainkannya.

Entah siapa yang mulai memviralkan permainan lato-lato ini. Yang jelas, berdasarkan penelurusan melalui Google Trends, permainan ini mulai banyak dicari sejak Desember 2022 lalu. Kemudian melejit di awal 2023, meski sekarang telah mengalami penurunan intensitas pencariannya.

Google Trend Index pencarian kata kunci "lato"

Pro dan kontra yang ditimbulkan permainan ini sungguh beragam. Selain ada yang berpendapat tidak membahayakan, pendapat lain juga menyatakan bahwa permainan lato-lato membahayakan dan bahkan dilarang di beberapa negara. Pro dan kontra tersebut banyak terekam melalui media sosial, khususnya Twitter. Fenomena viralnya permainan lato-lato ini tentu menarik bila diangkat dan dianalisis.

Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba mempraktikkan bagaimana cara menerapkan preprocessing data tidak terstruktur berupa teks yang bersumber dari Twitter dengan topik permainan lato-lato. Adapun data yang kita angkat ini diperoleh dengan teknik crawling Twitter API. Dengan menentukan sampel data teks sebanyak 30 record atau tweet.

Adapun data sebagai bekal praktikum kita kali ini bisa diunduh pada link berikut. Setelah data sudah siap, preprocessing data teks terkait topik permainan Lato-Lato dapat mengikuti langkah-langkah berikut:


Preprocessing Tweet Topik Lato-lato

Demikian sedikit sharing kita kali ini, semoga sedikit banyak memberi manfaat kepada seluruh pembaca setia blog ini. Selamat memahami dan mempraktikkan!

Add Comments


EmoticonEmoticon