Cara Mencetak Bar Plot pada Template PNG untuk Otomatisasi Konten dengan Python

Mencetak Bar Plot pada Template PNG dengan Python

Bar plot merupakan salah satu bentuk visualisasi data statistik yang berbentuk batang dengan absisnya menunjukkan kategori atau nama variabel sedangkan ordinatnya merupakan suatu nilai atau frekuensi tertentu dari setiap kategori atau variabel.

Bar plot adalah bentuk visualisasi yang cocok untuk menunjukkan nilai absolut variabel dengan tujuan untuk membandingkan antar variabel atau antar waktu. Visualisasi ini merupakan visualisasi yang mendasar dan cukup banyak dipakai dalam analisis data.

Namun, apa jadinya bila kita membuat sebuah bar plot untuk kemudian dicetak dalam sebuah gambar dasar (template) berekstensi *PNG? Ide ini telah banyak digunakan dalam visualisasi dan sekaligus dapat kita jadikan sebagai content yang bekerja secara otomatis alias tinggal posting.

Untuk menerapkan ide kita ini, pertama adalah menyiapkan gambar template terlebih dahulu yang dapat diunduh pada tautan berikut. Kedua adalah menyiapkan sebuah data, dalam praktik kita kali ini data yang digunakan merupakan data dummy. Setelah itu, pada langkah ketiga, kita visualisasikan data dummy tersebut dalam bar plot, dan tahapan terakhir adalah menempelkan bar plot pada gambar template yang disiapkan sebelumnya dengan mengatur posisi dari bar plot sedemikian rupa sehingga posisinya tepat.

Ide ini sekaligus memberi kontribusi pemikiran bagi para content creator untuk dapat melakukan efisiensi dan efektivitas dalam menuangkan sebuah konten dalam platform yang digunakan. Berikut ini adalah langkah-langkah aplikatif berbahasa Python untuk mencetak bar plot pada gambar template. Adapun bentuk dari grafik yang dicetak tidak harus bar plot, teman-teman bisa saja mengkreasinya dalam bentuk lain, misalnya box plot, line plot, wordcloud, heatmap, treemap, hexmap, sankeys, chord diagram.


stis

Demikian sedikit sharing kita kali ini, semoga memberi manfaat. Selamat memahami dan mempraktikkan!

Add Comments


EmoticonEmoticon