Merangkum Hasil Web Scraping Berita Pertandingan Sepak Bola PSIS Vs PSM Makassar dengan Python

Marangkum data teks berita denngan Python

Merangkum atau yang biasa disebut meringkas merupakan salah satu aktivitas memendekkan sejumlah teks mengenai sebuah topik, cerita, berita, opini, atau sejenisnya dengan mengambil intisarinya. Merangkum dalam beberapa referensi sama halnya dengan sinopsis yang intinya menyajikan suatu topik secara ringkas. Namun, sebagian referensi menyebutkan meringkat berbeda dengan sinopsis. Meringkas itu adalah meringkas untuk teks yang bersifat non-fiksi. Sedangkan sinopsis adalah ringkasan untuk teks-teks yang bersifat fiksi.

Terlepas dari perbedaan pendapat mengenai definisinya, kali ini kita akan berlajar bersama bagaimana meringkas suatu teks dengan topik tertentu menjadi lebih pendek, sederhana, dan mencakup informasi penting.

Adapun data teks yang akan kita ringkas menggunakan Python kita peroleh dengan cara web scraping situs detik.com tentang hasil pertandingan sepak bola antara PSIS dan PSM Makassar yang berakhir skor 4 - 0. Berita aslinya dapat dicek pada tautan berikut.

Berita kemenangan PSIS atas PSM Makassar di detik.com

Inti dari meringkas dengan Python dalam praktikum kali ini adalah memberikan pembobot skor pada setiap kata dalam kalimat dan pembobotan kalimat terhadap seluruh teks. Kata dan kalimat dengan pembobot skor tertinggi inilah menjadi ukuran kelayakan menjadi kalimat rangkuman dari suatu teks.

Pada proses meringkas teks, Python menyediakan sejumlah package, namun tidak banyak yang mencakup teks berbahasa Indonesia. Oleh karena itu, dalam praktik ini, kita akan menggunakan package spacy. Untuk menegakomodir teks bahasa Indonesia, yang utama dilakukan adalah mengaktifkan tool bahasa Indonesia dan sentencizer.

Langkah demi langkah merangkum teks hasil web scraping berita dengan topik sepak bola selanjutnya dapat diberikan sebagai berikut:


rangkuman

Hasil rangkuman di atas cukup baik, dengan memunculkan hasil akhir bahwa PSIS unggul (menang) atas PSM Makassar diikuti dengan urutan pemain yang berhasil mencetak gol serta waktu mencetak gol.

Demikian sedikit sharing kita kali ini. Semoga sedikit ini dapat bermanfaat. Nantikan terus unggahan menarik, unik, dan seru dalam blog sederhana ini. Selamat memahami dan mempraktikkan!

Add Comments


EmoticonEmoticon