Visualisasi Data Jumlah Pendaftar Sekolah Kedinasan, Berapa Peluang Lolos Politeknik Statistika STIS (Polstat STIS) Tahun 2023 ?

Visualisasi Jumlah Pendaftar Sekolah Kedinasan dengan Python

Sekolah Kedinasan merupakan salah satu jenis kampus tujuan para lulusan SMA, SMK, MA, atau sederajat. Sekolah Kedinasan akhir-akhir ini kembali banyak dicari karena jenis menyediakan beragam fasilitas yang moderen dan menjanjikan masa depan (prospek) yang cerah, yaitu sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Tahun ini, terdapat 8 jenis Sekolah Kedinasan yang membuka pendaftaran secara resmi melalui situs dikdin.bkn.go.id, yaitu Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Pemasyarakatan (Poltekip), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN), Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN), Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Polstat STIS), Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), serta sejumlah Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Setiap tahun, ratusan ribu lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat berbondong-bondong untuk bisa lolos seleksi masuk Sekolah Kedinasan meskipun dibatasi oleh kuota pendaftar. Tahun 2023 ini, kuota untuk Sekolah Kedinasan di bawah Kemenkumham (Poltekip dan Poltekim) sebanyak 525 orang, STMKG sebanyak 80 orang, PKN STAN sebanyak 1.100 orang, Poltek SSN sebanyak 125 orang, STIN sebanyak 400 orang, dan Polstat STIS sebanyak 500.

Sejauh ini, Polstat STIS masih menempati posisi ketiga Sekolah Kedinasan terfavorit setiap tahunnya. Tahun 2022 saja, jumlah pendaftar Polstat STIS mencapai 120.673 orang se-Indonesia. Padahal, kuota untuk tahun 2022 juga sebanyak 500 orang, atau sedikit menurun dibanding tahun 2021 yang mencapai 600 orang.

Lantas, seberapa besar peluang untuk lulus Sekolah Kedinasan Polstat STIS tahun 2023 dibanding Sekolah Kedinasan lainnya? Pada praktikum kali ini, kita menggunakan data hasil web scraping menggunakan Python untuk memperoleh data jumlah pendaftar Sekolah Kedinasan tahun 2022, yaitu melalui situs medcom berikut:

Laman situs medcom sebagai target web scraping dengan Python

Data yang diperoleh dari web scraping ternyata masih tidak terstruktur karena memang bercampur antara teks dan angka. Untuk itu, untuk visualisasinya, kita lakukan sedikit ekstraksi data menjadi lebih terstruktur dengan langkah berikut:


kedinasan

Berdasarkan data hasil web scraping dan visualisasi bar plot di atas, terlihat bahwa PKN STAN adalah Sekolah Kedinasan yang paling banyak diminati olah para pendaftar. Kemudian diikuti oleh IPDN dan ketiga oleh Polstat STIS. Dengan mengasumsikan jumlah pendaftar tahun 2023 ini sama dengan tahun 2022 (kurang lebih), maka peluang lolos masing-masing Sekolah Kedinasan ditunjukkan oleh rasio kuota dengan jumlah pendaftar berikut:

Politeknik Imigrasi (Poltekim) = 1 : 43

Politeknik Pemasyarakatan (Poltekip) = 1 : 40

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) = 1 : 26

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) = 1 : 35

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) = 1 : 19

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) = 1 : 47

Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Polstat STIS) = 1 : 41

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) = 1: 47

Dari rasio tersebut, terlihat bahwa tingkat persaingan di Sekolah Kedinasan Polstat STIS juga tertinggi ketiga setelah PKN STAN, STMKG, dan Poltekim.

Demikian sedikit sharing kita kali ini. Semoga informasi dan kandungan ilmu dalam unggahan kali ini bermanfaat. Selamat mempraktikkan!

Add Comments


EmoticonEmoticon