Web Scraping Berita Kompas (kompas.com) dengan Python Scrapy

Web Scraping Berita Kompas dengan Python Scrapy

Seiring dengan perkembangan media daring, kebutuhan masyarakat terhadap informasi demikian tinggi. Bila untuk memperoleh informasi, masyarakat harus membeli koran, majalah, atau media cetak lainnya, kini informasi itu bisa didapatkan dari ujung jemari saja. Era disrupsi mendorong sejumlah media cetak bertransformasi menjadi media daring, salah satunya adalah kompas.com.

Setiap berita yang berada di halaman-halaman daring media sebenarnya merupakan sekumpulan data dan informasi yang berjumlah besar sehingga memerlukan daya tampung penyimpan yang besar. Selain itu, kecepatan dan daya update kontennya juga cukup tinggi sehingga dalam konteks era Data Science, berita-berita tersebut memenuhi syarat sebagai Big Data.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bersama bagaimana menambang data dari berita daring. Adapun target media yang akan kita jadikan sebagai ajang latihan adalah kompas.com, sebuah media daring terbesar sekaligus mempunyai jangkauan luas di Indonesia sejauh ini. Berikut display halaman kompas.com yang akan kita scrape beritanya:

Laman indeks berita kompas.com

Sebelum melakukan web scraping berita kompas.com, beberapa package yang diperlukan yaitu scrapy, pandas, requests, wordcloud, matplotlib, serta package yang khusus menangani data teks berbahasa Indonesia, yaitu package Sastrawi.

Dalam melakukan web scraping berita, tool yang kita gunakan untuk memperoleh node menggunakan CSS Selector atau bisa juga menggunakan Addons chrome, yakni Selector Gadget. Berikut langkah-langkah web scraping berita kompas.com:


Berita Kompas

Berdasarkan hasil awan kata di atas, terlihat bahwa kata paling banyak digunakan dalam judul berita kompas.com Bulan April 2023 ini adalah "hadir", "naik", "milu","simak", "cara", "pamer", serta "artefak" dan "muhammad". Kata-kata tersebut agaknya berasosiasi kuat dengan topik yang saat ini sedang trending, misalnya pameran artefak Nabi Muhammad, Impor Beras, Pengesahan Perppu Pemilu 2024, Harga Emas, dan SIMAK Universitas Indonesia (UI).

Demikian sedikit sharing kita kali ini. Ikuti terus artikel terbaru, unik, dan menarik dari blog sederhana ini. Selamat membaca dan mempraktikkan!

Add Comments


EmoticonEmoticon