Penerapan Systematic Random Sampling dengan Python

Systematic Random Sampling dengan Python

Hai teman-teman, bertemu kembali dengan blog sederhana ini. Pada artikel kali ini, kita akan belajar bersama mengenai bagaimana penerapan teknik pengambilan sampel (sampling) menggunakan Python. Adapun teknik sampling yang akan kita ulas kali ini adalah Systematic Random Sampling.

Seperti halnya penerapan Systematic Random Sampling dengan menggunakan R (dapat dibaca pada unggahan berikut), algoritma pemilihan sampel pada Python juga memiliki prinsip yang sama. Dengan menyiapkan rasio antara n terhadap k, lalu memanfaatkan perulangan atau iterasi dari hasil penambahan nilai angka random awal (random number table) sampai batas k. Setelah itu, hasilnya digunakan sebagai indeks sampel yang terpilih.

Teknik Systematic Random Sampling ini sendiri seringkali digunakan pada penelitian atau survei yang di dalam proses pemilihan sampelnya memiliki kerangka sampel (sampling frame). Kerangka sampel ini biasanya dibuat melalui pendaftaran (listing) seluruh elemen populasi yang relevan menjadi sampel (eligible).

Lantas, bagaimana penerapannya pada Python? Di praktikum kali ini, kita menggunakan data dummy saja untuk lebih memudahkan pemahaman. Namun perlu ditegaskan di awal, bahwa package yang digunakan dalam praktikum ini adalah package random yang dapat diaktifkan melalui fungsi import diikuti nama package tersebut. Untuk lebih lengkaphnya, berikut cara melakukan pemilihan sampel Systematic Random Sampling dengan Python:


automatic_scraping

Demikian sedikit sharing kita kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua. Jangan lupa untuk bertanya di kolom komentar sebagai bahan diskusi dan berbagi pengetahuan mengenai sampling. Selamat memahami dan mempraktikkan!

Add Comments


EmoticonEmoticon